Punya mobil tapi gk tau
cara pakainya ? atau mw beli mobil tapi belum bisa nyetir ?
Mengendarai
kendaraaan roda 4 yang sering kita sebut mobil sudah merupakan gaya hidup jaman
sekarang apa lagi suah banyak produsen mobil yang buat mobil LCGC (low cost
green car) yang harganya bisa dikatakan murah jika dilihat pertumbuhan ekonomi
jaman sekarang. Disini saya akan mencoba share pengetahuan terang bagaimana
cara mengendarai mobil ber tipe transmisi manual, hal hal yang perlu disiapkan
untuk sebelum memulainya
1.
Niat dan Mental
Pada
saaat ingin belajar mobil, kamu harus siapakan niat dan mental terlebih dahulu ,
oia seengannya maku pernah liat orang bawa mobil,atau cari cari video orang
mengendarai mobil biar gk pemula pemula banget
2.
Pendamping
Se-engak
ada 1 orang di sebelah kamu yang mengerti mengendarai mobil yang berguna
sebagai instruktur
3.
Kenali Mobil
Kamu
mengenali mobil yg kamu akan kemudikan, bukan kenlan sama kayak orang harus
ngomong sama mobil ya ...., yg kamu harus perhatikan size atau ukuran mobil
seengaknya kamu bisa memperkirakan mobil kamu ukurannya semana klo ada di
jalan, ini berguna untuk posisi mobil belok, putar balik, atau nyalip kendaraan
lain
Dan
kamu harus tau semua fungsi untuk menjalakan panel” seperti lampu, sein,
klakson dan tuas perseneling gk disemua mobil sama soalnya
Liat
pada gambar secara umum mobil indonesia menggunakan perseneling seperti pada
nomor 2 karena termasuk mobil jepang, sedangkan buat mobil eropa macem- macem
seperti pada chevrolate spin persenelingnya itu kayak nomor 3 jadi posisi R itu
da di posisi gigi 1 di mobil jepang, jangan sampai salah ya, nanti mw jau mana
munsur, mau mundur mana maju J klo mobil sekarang ada tandanyako dituas
silahkan liat baik-baik
Oke kita lanjut cara
menjalankannya
Pertama
atus posisi tempat duduk pada kondisi nyaman saaat menginjak pedal kopling, rem
dan gas kaki harus bisa mencapai posisi menginjak kopling sampai mentok, dan
jika steer nya bisa telescopic, atau bisa di seger atas basah atau maju mundur
atur sesuai kenyamanan saja tapi klo bisa posisi pajang lengan ke steer jangan
terlalu dekat itu ntar susah saat belok atau putar balik
Nah buat pemanasan atau perkenalan pasang dulu
sabuk pengaman dan silakna nyakalan kendaraan dengan cara putar kunci atau
start button
Ingat carilah tempat yang
terbilang sepi, untuk belajar mobil jngan tempat yg ramai atau didalam
perumahan ntar berabe klo nabrak orang atau rumah orang.
1.
Pertama coba setelah mesin menyala,
posisikan rem-tangan pada posisi nge-rem
2.
Injak kopling sampai mentok dan tahan lalu
masukan perseneling pada posisi gigi 1
3.
Lepaskan secara perlahan kopling dan
rasakan pada posisi settinggi apa kopling dilepas ada dorongan mobil maju
seperti mau jalan ( ini hanya untuk merasakan hentakan
lembut posisi mobil mau maju, jangan kopling dilepas smua ) jika sudah
terasa segera injak kembali kopling hingga mentok dan kembalikan posisi
perseneling ke Netral, silahkan di coba hingga terasa feelnya
4.
Ok, jika sudah mulai percaya diri coba lah
untuk menjalankan, jika posisi rem-tangan nge rem silahkan turunkan ( jalan harus datar klo gk nanti mundur atau maju sendiri )
5.
Injak Kopling dan masukan perseneling
posisi gigi 1, kemudian lepas kopling secara perhalan dan di ikuti injak gas
perlahan, dan jika mobil di rasa sudah berjalan normal sepas kopling dan injak
gas saja (injak gas jangan terlalu dalam, karena masih posisi gigi 1 seperti
halnya pada motor klo di injak dalam tiba” ntar lompat )
6.
Jika di rasa mobil sudah harus di naikan
persenelingnya silahkan injak kopling terlebih dahulu dan geser tuas
persenelingnya ke posisi 2, dan lepas kopling secara perhalan ( dalam perpindahan
gigi lepas kopling tidak harus selambat pada saat mobil mulai berjalan silahkan
di percepat sedikit asal jangan langsung di lepas). Selajutnya untuk
penyesualian perpindahan atau posisi gigi hal yang pertama dilakukan adalah
menginjak pedal kopling jangan sampai lupa !!!
TIPS :
Situasi Berbelok atau Putar
balik
Belajar untuk menyusuri
jalan yang berbelok (agar terbiasa)
Saat berbelok, turunkan
kecepatan agar mobil melambat
Tengok kanan kiri dan
spion kanan dan kiri , pastikan tidak ada kendaraan lain dibelakang kamu yang dapat menyebabkan keadaan bahaya.
Belokan stir secara
perlahan, Jangan terlalu dalam saat membelokan setir dan gas secara perlahan.
Putar balik posisi stir
ke posisi semula saat kaca depan mobil sudah membelok atau bagi yang mobil
sudah power steering silahkan lepas steer beberapa saat agar posisi ban kembali
lurus.
Jangan tunggu sampai kaca
depan mobil lurus dengan jalan, karena ban mobil akan terus mengarah ke arah
stir dan itu akan berbahaya.
Kendalikan setir dengan 2
tangan! agar posisi stir tetap stabil.
Putar Balik
Ambil posisi agak ke kiri
kanan, acuannya ban depan kiri atau kanan dekat dengan marka tengah jalan.
10-20 meter sebelum
U-Turn udah wajib gigi satu.
PENTING. Ketika driver
sejajar dengan titik putar balik, segera putar kemudi kekanan full mentok.
Jangan terlalu lama
menahan posisi tersebut, cukup sampai dirasa sudah pas dan lepas gas
Segera putar steer atau lepas steer beberapa saat ke arah kiri atau
kanan sesuai ngean arah putar balik untuk menetralkan arah mobil.
Pengereman
Kenali dulu kendaraan
anda memakai sistem pengereman kampas atau cakram, karena penggunaaan atau
sifat pengermannya bebeda
Untuk cakram injak lah
secara perlahan jika di injak langsung dalam mobil akan tiba-tiba langsung
berhenti dan misa membanyakan kendaraaan di belakang sedangkan bagi yang kampas
silahkan di injak agak sedikit bertenaga.
Posisi Kendaraan menanjak
dan berhenti
Pada posisi ini sama
seperti permulaan pada nomor 3 silahkan baca seberntar jika lupa
Pada kondisi permulaan
nomor 3 dianjurkan hanya merasakan keadaan dimana posisi gigi sudah masuk, pada
itu pula kondisi ini di perlukan, pada saat posisi menanjak dan mengharuskan
berhenti beberapa waktu, setelah menjinjak rem untuk berhenti, gunakanlah rem
tangan tarik lah tuasnya, karena jika tidak menggunakan rem tangan pada
saat maju anda akan merasakan kesulitan
harus menginjak rem dan gas.
Setelah anda menarik tuas
rem-tangan di perbolehkan melepas pedal rem yang anda injak,
Selanjutnya jika ingin
jalan ulang kembali No.3 tetapi biarkan hentakan maju mobil dan lepaslah
rem-tangan dan kendaraan pun maju (jadi pasa saat mersasakan hentakan maju, ini
akan mengurangi mobil anda mudur kebelakan saat menanjak, yang jika mundur akan
mengakibatkan ada berantem dengan pengendara di bekalakang mobil anda)
Tips Mengendara hemat
bahan bakar, usahakan jika jalan sepi jangn terus menerus menginjak gas,
silahkan injak hingan mobil terasa cepat dan lepas pedal gan , dan jika sudah
terasa melambat injak kembali, ulangi terus menerus, dengan tidak mengijak
pedal gan ini akan mengurangi bensin yang masuk ke mesin untuk pembakaran
No comments:
Post a Comment